Manusia sejatinya adalah mahluk sosial yang selalu berinteraksi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam menjalankan kehidupan tersebut kita tentunya tidak dapat terhindar dari berbagai macam masalah dan harus kita hadapi permasalahan tersebut. Perbedaan pandangan dan juga pendapat dari orang lain akan sangat wajar ditemukan saat kita berinteraksi dan tak jarang kita bertemu orang yang tidak peduli dengan apa yang telah kita ucapkan walaupun sudah dijelaskan hingga menguras tenaga. Tahu kah kamu kalau faktanya komunikasi tidak akan pernah terlepas dari diri kita bahkan saat kita diam tanpa ada suara. Kita dapat mempengaruhi keputusan ataupun tindakan dari lawan bicara tanpa perlu menggunakan kata-kata. Tanpa kata-kata disini bukan berarti 100% tidak meggunakan kata, maksudnya adalah tanpa perlu bertele-tele dalam menyampaikan apa yang ingin kamu sampaikan. Tapi ada juga yang hanya menggunakan bahasa non-verbal. Mau tau gimana caranya? Yukk kita simak pembahasan dibawah ini.

  • Percaya diri

Siapa sih yang tidak terkesan ketika melihat kamu lebih percaya diri dibandingkan dengan lawan bicara kamu? Pastinya kalau kamu percaya diri dan menghindari kata-kata yang meragukan, maka lawan bicara akan percaya dengan kata kata yang telah dikeluarkan olehmu. Dengan memberikan jawaban yang meyakinkan, maka kamu dapat mempengaruhi orang lain untuk mengikuti apa yang kamu inginkan.

  • Ingin orang lain berpikiran sama? Cobalah berperan sebagai cermin

Pernah ga  sih kamu ngeliat orang lain secara tidak sadar meniru bahasa tubuhmu? Itu artinya dia setuju atau sependapat denganmu. Apabila sudah berada dalam situasi seperti ini maka kamu akan mengerti dengan apa yang mereka inginkan sehingga jawaban yang kamu berikan adalah jawaban yang memang mereka inginkan.

  • Pastikan anda jujur tanpa kebohongan

Tidak ada orang yang suka dibohongi, bahkan apabila hal itu terjadi maka akan jadi masalah yang besar hingga akhirnya membuat kamu tidak dipercaya. Karena syarat untuk mempengaruhi orang lain salah satunya adalah dengan membangun kepercayaan terhadap diri kita.

  • Tundukkan atau naikkan kepala untuk mengubah sikap lawan bicara

Dengan bahasa non-verbal seperti ini dapat menentukan sikap lawan, apabila kamu menundukkan kepala maka kamu akan dinilai merendah, dan sebaliknya jika mengangkat kepalamu maka akan dinilai lebih dominan.

  • Ingin terlihat penting? Bentangkan gerak tubuhmu lebih luas

Orang yang memiliki power kuat akan membutuhkan ruangan yang lebih besar. Mereka akan merentangkan kaki dan lengan mereka hingga cenderung memenuhi ruangan.

Dengan demikian kamu akan terkesan lebih dominan dan terpandang.

  • Kontak mata

Jika kamu ingin membuat orang lain tertarik kepadamu, maka tataplah matanya dengan serius saat kamu sedang berbicara ataupun mendengarkan. Dengan cara ini maka lawan bicaramu akan merasa lebih tertarik denganmu.

  • Bagaimana cara kita tahu kalau dia berbohong?

Dengan komunikasi non-verbal, kita mampu mendeteksi kebohonga dari seseorang. Terlepas dari mata dan wajahnya, coba perhatikan bagian tubuh lainnya. Jika terdapat gerakan yang aneh, kakinya menyilang sering bergerak dan tampak gelisah, maka kamu perlu mewaspadainya.

  • Ketika kamu kalah, bersikaplah seperti pemenang

Ada bahasa tubuh yang berhubungan dengan kekalahan yang bisa dibaca secara mudah oleh orang lain. Dalam dunia olahraga, sikap tersebut bisa menurunkan “harga jual” atlit yang bersangkutan. Ingin berkarir lebih baik? Busungkan dada dan berjalan selayaknya pemenang. Mengakui kekalahan dalam sebuah perlombaan menandakan jika anda memiliki hati yang besar dan bersikap seperti pemimpin yang dewasa

  • Mendekatkan badan kepada lawan bicaara membuatmu lebih mendominasi

Kamu bisa memimpin obrolan dengan mencondongkan badanmu ke depan ketika kamu ingin lawan bicaramu berhenti mengoceh. Atau gunakan gestur tangan untuk mengisi ruang di antara kalian. Gestur tersebut sama dengan berdiri di dalam kelas saat sekolah ketika kamu ingin dipilih ketika menjawab sesuatu.

Penulis : Ridwan Al-Iman

Referensi : www.idntimes.com

Wicaksono, B. D. (2018). 22 Cara Ini Terbukti Secara Sains Bisa Pengaruhi Orang Tanpa Berbicara.

Categories: ARTIKEL

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *