Kesehatan mental merupakan hal penting yang harus diperhatikan selayaknya kesehatan fisik. Diketahui bahwa kondisi kestabilan kesehatan mental dan fisik saling mempengaruhi. Di Indonesia, menurut laporan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, diketahui bahwa prevelensi gangguan mental emosional seperti gangguan kecemasan dan depresi sebesar 9,8% dari populasi usia 15 tahun keatas. Nah, dari data yang ada mengatakan bahwa penderita gangguan kesehatan mental di Indonesia tidaklah sedikit sehingga sudah seharusnya hal tersebut menjadi sebuah perhatian.

Lalu, apakah kesehatan mental itu? Menurut WHO, kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stres kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya.

Untuk mempermudah mengetahui kriteria individu yang sehat mental itu, disini ada beberapa cirinya.

  • Memiliki Sikap positif terhadap diri sendiri

Jadi, kita itu dapat menerima diri sendiri secara utuh. Seperti misalnya dapat menyadari kelebihan dan kekurangan dalam diri dan mengetahui cara menyikapi kekurangan atau kelemahan tersebut dengan baik.

  • Dapat tumbuh kembang dan beraktualisasi diri

Kita mengalami perubahan ke arah yang normal sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu juga, kita dapat mengekspresikan potensi yang ada dalam diri.

  • Berintegrasi

Kita juga menyadari bahwa semua aspek yang dimiliki itu adalah satu kesatuan yang utuh. Serta mampu bertahan dalam menghadapi stress dan dapat mengatasi kecemasan.

  • Memiliki persepsi sesuai dengan kenyataan

Paham terhadap stimulus eksternal sesuai dengan kenyataan yang sedang dijalani. Persepsi ini dapat berubah jika ada informasi baru, dan kita memiliki empati terhadap perasaan dan sikap orang lain.

  • Berotonomi

Yang terakhir, kita dapat mengambil keputusan secara bertanggung jawab dan dapat mengatur kebutuhan yang menyangkut diri kita tanpa bergantung kepada orang lain.

Nah, gimana? Kalian sudah termasuk sehat mental atau belum??

 

Penulis : Alifia Nisaa C

Referensi :

Putri, Adisti. Wibhawa, B. Gutama, A. (2015). KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT INDONESIA (PENGETAHUAN, DAN KETERBUKAAN MASYARAKAT TERHADAP GANGGUAN KESEHATAN MENTAL). PROSIDING KS: RISET & PKM, Vol. 2 No. 2 .


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *