Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan Mahasiswa merupakan penghubung antara masyarakat dan pemerintah. Mahasiswa memiliki hak untuk menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah, mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah yang dianggap tidak adil terhadap rakyat, dan membela kepentingan rakyat dengan menjunjung tinggi moral, etika, dan nilai-nilai luhur pendidikan.

Selain itu, pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, misalnya melalui organisasi-organisasi kemahasiswaan, entah itu dalam bentuk bakti sosial, penyuluhan, pendampingan masyarakat atau hal lainnya.

Pada hal ini mahasiswa harus mampu bersosialisasi dengan masyarakatdan mampu berkontribusi nyata. Seperti yang kita ketahui selama ini bahwasannya mahasiswa adalah penyambung lidah rakyat, agent of change dan lainya. Maka dari itu mahasiwa haru mengetahui porsi dari tugas meraka masing – masing dalam mengabdi kepada masyarakat.

Unisba sendiri memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat atau LPPM serta memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

  • Memasarkan kompetensi sivitas akademika melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Memfasilitasi sivitas akademika (staf pengajar, mahasiswa) dan masyarakat untuk mengembangkan pembelajaran berbasis riset. Selanjutnya melaksanakan Education for Sustainable Development (ESD) langsung kepada masyarakat melalui KKN-PPM serta melaksanakan kerjasama dengan pihak terkait,
  • Memfasilitasi kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan fihak luar baik secara regional, nasional dan internasional.

*Diolah dari berbagai sumber

Categories: Berita Terkini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *