Bandung (01/04). Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Badan Eksekutif Mahasiswa Unisba Periode 2020-2021 (BEM Unisba) telah mengadakan kunjungan media ke Biro MNC Media Group Jawa Barat (Jabar) di Bandung. Kegiatan ini sebagai bagian dari aktivitas kerja dari Kominfo yaitu kunjungan media lokal yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa di bidang jurnalistik serta meningkatkan kualitas sumber daya pengurus agar dapat memperluas wawasan, serta kreatif dan inovatif.

Dalam kunjungannya sebanyak 5 orang staf Kominfo BEM Unisba di dampingi oleh seorang Kepala Biro MNC Group Jawa Barat Rully Nasrullah. Kegiatan ini berupa wawancara dan Room Tour dengan tetap mengikuti protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Hasil dari kunjungan yang dilakukan diperoleh banyak informasi seputar dunia jurnalistik khususnya mengenai MNC Media Group Jabar.

Ia menuturkan, kantor biro MNC Media Group Jabar merupakan salah satu cabang biro MNC Media Group di Indonesia yang bertugas untuk mengelola berita-berita yang di dapat dari wartawan untuk disebarluaskan ke 4 stasiun televisi MNC Media yang diantaranya, RCTI, MNC TV, I News TV dan Global TV. Selain itu, kantor biro MNC Media Group Jabar juga memproduksi siaran berita, talkshow, portal berita dan radio. “Selain kita mengkoordinir berita-berita yang masuk, kita juga memproduksi siaran televisi untuk 3 stasiun televisi yaitu RCTI, MNC TV dan I News TV. Global itu dibuat sendiri sama Globalnya, tapi isi beritanya tetap sama. Yang paling konsen itu I News. Untuk RCTI dan MNC TV full buletin berita. Sementara I News, selain buletin berita ada juga talkshownya”, kata Pak Rully. Adapun portal berita milik MNC Media Group Jabar yaitu, Sindo New, News Id oke zone. Sementara itu, untuk radionya terdapat Trijaya FM dan Global Radio.

Bapak Rully Nasrullah mengatakan, informasi berita yang didapat berasal dari jaringan kontributor (wartawan liputan) MNC Media Group Jabar yang tersebar hampir di seluruh Jawa Barat. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan siapapun boleh menyampaikan informasi berita untuk diliput. “Siapapun dapat memberikan informasi berita asalkan memiliki nilai berita dan bermanfaat bagi masyarakat” tutur Bapak Rully Nasrullah.

Dalam proses penyampaian berita kepada publik tidak terlepas dari adanya tantangan yang dihadapi. Perubahan zaman menyebabkan adanya perbedaan tantangan yang dirasakan bagi dunia media jurnalistik. “Tantangan media dahulu sulit untuk menyebarkan informasi secara terbuka yang terkait dengan kritik pada pemerintah, media di bungkam. Tantangan media sekarang hoax. Mayarakat lebih percaya pada berita bukan yang resmi”, ujar Pak Rully. Lebih lanjut Bapak Rully mengatakan, media saat ini dituntut bekerja lebih profesional karena media saat ini serba terbuka sehingga mudah tersorot publik apabila terdapat kesalahan.

Setelah melakukan wawancara kegiatan kunjungan dilanjutkan dengan room tour yang masih ditemani oleh Rully Nasrullah. Kantor MNC Group Jabar terdiri dari ruangan pra produksi, produksi (studio), pasca produksi (ruang editing), ruang artis dan dua ruang studio radio. Kegiatan kunjungan media MNC Media Group Jabar Kominfo diakhiri dengan pemberian plakat Unisba dari Kominfo BEM Unisba pada pihak MNC  Media Group Jabar dan sesi foto bersama.

Categories: Berita Terkini

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *