Regenerasi merupakan suatu kewajiban bagi setiap perusahaan agar dapat meningkatkan kualitas atau untuk memperbarui karyawan yang akan/habis masa kerjanya. Guna menjaga stabilitasnya, perusahaan perlu merekrut mahasiswa yang berkualitas. Hal tersebut dilihat dari berbagai pengalaman semasa kuliah, serta berbagai kompetensi yang dimilikinya.
Dari kondisi tersebut, banyak sekali fresh graduate yang menyesal dan baru mereka sadari saat sedang mencari pekerjaan. Dari kesulitan mendapatkan pekerjaan, kesulitan sekedar untuk dipanggil interview atau kewalahan saat memasuki dunia kerja. Berikut lima hal yang wajib kamu lakukan saat kuliah:

1. Ikut organisasi atau kepanitiaan di dalam dan luar kampus

Organisasi merupakan hal yang tidak terpisahkan dari mahasiswa, tetapi masih banyak yang belum sadar betapa pentingnya berorganisasi tersebut. Dengan berorganisasi kita akan mampu menemukan jati diri kita dan melatih mental. Banyak sekali manfaat bila kamu mengikuti organisasi mulai dari kemampuan public speaking, belajar management waktu, belajar disiplin, melatih jiwa kepemimpinan, melatih problem solving, memperluas jaringan, dan manfaat lainnya.
Dengan mengikuti organisasi kita tidak akan terlalu kaget saat terjun langsung ke dunia kerja, karena kita sudah terbiasa dalam tekanan, bisa management waktu, public speaking, dan lainnya. Oleh karena itu, mulailah mengikuti berbagai organisasi atau kepanitiaan di kampus, jangan menjadi mahasiswa yang diam saja di bangku kuliah tanpa memberikan umpan balik dalam perkuliahan.

2. Mengasah softskill lainnya.

Jangan hanya mempelajari satu skill saja, karena kita hidup di era kompetitif yang sangat tinggi. Banyak berbagai pengaruh yang mengakibatkan peluang kerja dan standar tidak selamanya berlaku sama, maka dari itu skill lainnya pada mahasiswa sangat penting agar mampu bersaing.
Kemapuan teknis dapat dilatih, tetapi softskill membutuhkan waktu berlatih yang lebih lama. Saat berkuliah ini merupakan waktu yang tepat untuk mencoba berbagai softskill. Dengan mempelajari berbagai softskill maka kamu akan tahu keterampilan mana yang cocok dan perlu dikembangkan lebih dalam lagi.

3. Mengasah kemampuan bahasa asing

Di era sekarang ini, bahasa asing sangat di perlukan. Sudah banyak perusahaan menjadikan bahasa asing sebagai salah satu syarat untuk melamar di perusahaannya seperti bahasa inggris. Bahasa inggris bukan hanya untuk berkomunikasi, tetapi untuk menunjang perkuliahan dan di dunia kerja sangat dibutuhkan. Sehingga bisa berbahasa inggris atau bahasa asing lainnya menjadi sebuah keharusan untuk saat ini. Banyak sekali manfaat dari menguasai bahasa asing, seperti peluang kerja besar, membuka kesempatan studi ke luar negeri, meningkatkan kepercayaan diri, dan lainnya.
Para mahasiswa saat ini sudah menyadari betapa pentingnya bahasa asing itu tetapi actionnya masih kurang. Tidak akan menjadi lebih baik jika menyadari tanpa adanya aksi nyata dari mahasiswa tersebut. Maka dari itu mulailah dari sekarang dan kunci menguasai bahasa asing yaitu terus berlatih. Kita saat ini sudah di mudahkan dengan kemajuan teknologi, bisa belajar mandiri melalui flatform online dan masih banyak lainnya.

4. Mulai belajar “how to make money” dan management keuanganmu.

Ini merupakan hal yang sangat penting untuk kondisi finansialmu, tapi sayangnya masih banyak yang menganggap remeh hal tersebut. Saat mendapatkan uang bulanan cepat habis karena tidak bisa mengatur keuangan dan saat uang tersebut habis kita minta lagi kepada orangtua. Kita sebagai mahasiswa seharusnya malu, maka dari itu mulailah belajar “how to make money” dan mulai belajar mengatur keuanganmu.
Zaman sekarang ini kita sangat dimudahkan dengan berbagai macam teknologi dan internet, kita bisa memanfaatkannya untuk belajar berbagai macam hal seperti “ how to make money” dan pengelolaan keuangannya. Dengan mengetahui dua hal tersebut maka akan melatih kamu menjalankan pola hidup hemat, mengurangi stress, memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik, memiliki perlindungan dari kejadian yang tidak terduga, terhindar dari hutang, dan lainnya.
Belajarlah keduanya, karena hal tersebut saling berhubungan. Contohnya seperti kita sudah mempunyai penghasilan tetapi tidak bisa mengaturnya maka akan sia-sia kerja keras kita untuk menghasilkan uang tersebut karena akan habis dalam sekejap. Maka dari itu mulailah pisahkan uangmu untuk kebutuhan, keinginan, sedekah, investasi, dan untuk di simpan.

5. Magang atau Freelance

Magang merupakan suatu proses pengaplikasian ilmu yang sudah di dapat dalam proses pembelajaran di kampus ke dalam dunia kerja. Kita sudah berkuliah dan mendapatkan berbagai macam materi tetapi kita harus menerapkan ilmu tersebut dalam dunia nyata, maka dari itu magang sangat penting. Dengan magang kamu akan merasakan bagaimana dunia kerja sesungguhnya, pengetahuan baru, mendapatkan pengalaman kerja, memperluas relasi, dan berlatih mengaplikasian teori dari kuliah ke dunia kerja.
Freelence bisa menjadi tempat mengembangkan diri dan mendapatkan pernghasilan. Freelence yaitu bekerja secara lepas untuk mengasah keterampilan tanpa harus terikat dengan perusahaan/instansi tertentu, sehingga kamu lebih leluasa dalam mengeksplorasi berbagai hal terkait pekerjaanmu di dunia kerja. Keuntungannya yaitu mendapatkan fee dari perkejaan yang kita selesaikan, semakin banyak pekerjaan semakin mahir dalam bidang yang kamu tekuni, mudah menyesuaikan diri karena sudah pernah bekerja secara profesional, memperluas jaringan lebih luas, membangun reputasi, dan mendapatkan kesempatan mengembangkan berbagai softskill.

Penulis : Annisa

Referensi:
Kompasiana.com
Rdk.fidkom.uinjkt.ac.id
Kompas.com
Money.kompas.com
Ruangfreelance.com
Rencanmu.id


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *