Menurut kaidah bahasa, badan legislatif adalah badan yang bertugas untuk menyusun kebijakan untuk dilaksanakan nantinya. Dalam konsep demokrasi, badan legislatif identik dengan badan perwakilan. Artinya, badan legislatif sebagai badan pengemban kedaulatan atau badan yang menjalankan kedaulatan yang bertugas untuk membentuk kebijakan yang mencerminkan dari keinginan mahasiswa. Jadi, kebijakan tersebut nantinya bukanlah dari suatu pihak atau golongan semata. Untuk itu, badan legislatif mahasiswa haruslah mencerminkan representasi dari mahasiswa – mahasiswa yang ada.

Dalam Praktiknya di Unisba, kita sering mendengar adanya Dewan Amanat Mahasiswa ( DAM ). Istilah tersebut merupakan bentuk dari badan Yudikatif mahasiswa yang ada di universitas – universitas di Indonesia. Badan Yudikatif mahasiswa beranggotakan wakil – wakil mahasiswa yang dipilih melalui  mekanisme tertentu. Wakil mahasiswa tersebut haruslah mewakili dari golongan tertentu. 

DAM mempunyai tugas dan wewenang:
a.    Membentuk peraturan kemahasiswaan yang dibahas bersama Ketua BEM yang bertujuan untuk mendapat kesepakatan bersama
b.    Membahas bersama Ketua BEM dengan memperhatikan pimpinan kelembagaan terkait dalam hal memberikan persetujuan atas rancangan anggaran kemahasiswaan yang diajukan oleh Ketua BEM;
c.    Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan kemahasiswaan;
d.    Memberikan persetujuan atas sikap dan pandangan politis dari Ketua BEM;
e.    Membahas dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan kemahasiswaan;
f.    Menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi mahasiswa; dan.
DAM memiliki beberapa hak yaitu :
–    Hak Interpelasi, yaitu hak yang mempertanyakan kebijakan – kebijakan lembaga eksekutif.
–    Hak Budget, yaitu hak untuk mengusulkan anggaran.
–    Hak Angket, yaitu hak untuk menghimpun pendapat dalam menyikapi sebuah kebijakan.
–    Hak Insiatif, yaitu hak dalam mengajukan rancangan peraturan kemahasiswaan.

Dalam menjalankan fungsinya, DAM memiliki alat kelengkapan yaitu sekretariat dan komisi – komisi. Sekretariat adalah alat kelengkapan DAM yang bertanggung jawab dalam pengelolaan administrasi, keuangan, perlengkapan, serta penyediaan kebutuhan – kebutuhan DAM. Alat kelengkapan ini dipimpin oleh seorang Sekretaris yang bertanggung jawab langsung kepada Ketua DAM.

Sedangkan untuk menjalankan fungsi – fungsi seperti pengawasan, legislasi, anggaran, dan advokasi, DAM membentuk komisi – komisi. Alat kelengkapan ini bukanlah alat kelengkapan pelaksana teknis seperti alat kelengkapan yang terdapat pada organisasi – organisasi yang bersifat eksekutif. Komisi – komisi hanya merupakan perpanjangan tangan DAM dalam menjalankan fungsi legislasi, pengawasan, anggaran, dan advokasi.

Di Unisba sendiri DAM adalah lembaga yang bergerak dibidang legislatif dan yudikatif bedasarkan peraturan yang tertera pada PD-PRT KBMU Unisba. Untuk hak dan wewenang nya sendiri, terdiri dari Hak angket, Hak Inisiatif, Hak interpelasi, Hak budget, Hak legislasi, dan Hak Yudikasi. Semua Hak tersebut tertera pada pasal 14 PD-PRT KBMU Unisba.

Dalam pelaksanaan nya, pengurus DAM Unisba sekurang-kurangnya terdiri dari ketua, Sekretaris dewan, dan ketua komisi. Ketua DAM Unisba dipilih dan diangkat dalam rapat paripurna atau kongres Mahasiswa Unisba.Untuk sekretaris dipilih pada saat rapat pleno DAM, dan untuk komisi dipilih dan ditetapkan pada sidang pleno. Perlu diketahui, Komisi sendiri terdiri atas komisi A yang fokus terhadap hubungan internal, komisi B yang fokus terhadap hubungan keuangan dan kesejahteraan mahasiswa, dan komisi C yang fokus terhadap hubungan eksternal.

 

Berikut adalah dokumentasi pengurus Dewan Amanat Mahasiswa Unisba periode 2016-2017

 

Selain DAM Universitas, setiap Fakultas di Unisba juga mempunyai DAM yang bentuknya sama seperti DAM Universitas, Hanya saja pada DAM Fakultas sendiri konsentrasinya lebih fokus kepada ruang lingkup fakultas saja. adapun daftar DAM fakultas di unisba yaitu:

  • DAM Fakultas Ilmu Komunikasi
  • DAM Fakultas Dakwah
  • DAM Fakultas Syariah
  • DAM Fakultas Tarbiyah
  • DAM Fakultas Hukum
  • DAM Fakultas MIPA
  • DAM Fakultas Psikologi
  • DAM Fakultas Ekonomi
  • DAM Fakultas Kedokteran
  • DAM Fakultas Teknik

 

 

 

Kontak Info:

 : @wqw7757i

 : @DAM_UNISBA

  : @DAM_UNISBA

 

Categories: DAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *