Unit Bola Basket UNISBA (UBBU) berdiri pada tahun 1980an. Mulai eksis di Bandung kurang lebih sekitar pada tahun 1986, di bawah kepemimpinan Taslim sebagai pendiri UBBU. Di tengah-tengah kegiatan perkuliahan, ia mencoba untuk membangun olahraga yang cukup populer ini dikalangan mahasiswa, ia sadar begitu banyak bibit unggul yang berpotensi memajukan Bola Basket UNISBA.

Mengikuti Divisi I jawa Barat pada saat itu adalah sebuah langkah kecil yang ditempuh untuk membawa Bola Basket UNISBA eksis di Jawa Barat khususnya Bandung. Kepemimpinan ini terus berlanjut sampai dengan tahun 1990an. Sebagai pemimpin baru, Yuli seorang mahasiswa dari Fakultas Hukum yang aktif pada olehraga beregu ini meneruskan estafer kepemimpinan.

Pada tahun 1993 UBBU mengganti kepengrusan, meneruskan perjuangan generasi sebelumnya, yang kemudian dipimpin oleh Barry seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi. Pada masa kepemimpinan UBBU, beliau sering mengikuti kejuaraan yang salah satunya kejuaaan Bola Basket antar Mahasiswa Se – Indonesia atau yang disebut dengan kejuaraan Piala Presiden I. Sekelumit cerita romantisme perjuangan pada masa itu, Unisba merupakan sebuah team yang kurang diperhitungkan oleh semua team yang mengikuti kejuaraan tersebut. Karena hampir semua Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se – Indonesia ikut berkompetisi dalam kejuaraan ini. Semangat pantang menyerah dan kegigihan yang luar biasa membawa UBBU menapaki kemenangan demi kemenangan yang membuat UNISBA menjadi team yang diperhitungkan. Akhirnya UBBU sampai di perempat final berhadapan dengan Halim Kediri (sang juara bertahan). Namun seluruh semangat dan kerja keras belum mampu mengalahkan ketangguhan sang juara bertahan.

Walaupun kalah, seluruh pemain diselimuti keharuan di dadanya masing – masing karena pada saat itu mereka sudah membuktikan pada semua orang dan pada dirinya sendiri bahwa UBBU bukanlah team penghibur semata.

Pada tahun 1995 Unit Bola Basket Unisba dipimpin oleh Deddy Irwandy seorang Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, dan pada masa – masa inilah UBBU eksis dan diperhitungkan serta mencapai beberapa keberhasilan.

Kepengurusan Unit Bola Basket Unisba terus bergantian dari tahun ke tahun, sampai kepengurusan terakhir UBBU pada tahun 2016 – 2018 dipimpin oleh Diky Muhamad Sa’dan. Pada akhir kepengurusan Diky ini UBBU berhasil meraih penghargaan sebagai Juara 2 pada pertandingan FEBI UNSUR Basketball Tournament 2018.

Draft kepengurusan UBBU 2018 – 2019

  • Ketua                                 : Muh. Salman Arif
  • Wakil Ketua                      : Adrian Permana
  • Sekretaris                         : Anindita Aulia
  • Bendahara                        : Nur H. Amelia
  • Kepelatihan                      : M. Faisal Ramadhan & Rizqy Idzar Ali
  • Kekeluargaan (Internal) : Fasya Harsa Cauncara & M. Ganjar   Ramadiansyah
  • Sarana Prasarana           : Aji Agung R & Nur Adi Prasetyo
  • Peralatan                          : Adhitia Khrisna Nugraha & Reza Fahlevi

 

UBBU pada saat mengikuti perlombaan Liga Mahasiswa 2016

 

Kontak:

  : 0878 2192 4404 (Amelia) / 0812 2009 799 (Anindita)

: @basketunisba

Categories: UKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *